yusriahismail.com

Digital Certificate Issuance : Arti, Fungsi dan 7 Cara Mendapatkannya

digital certificate issuance
Tahun 2020, salah satu kampus terbesar di Indonesia, Universitas Indonesia, mengalami serangan siber di situs website-nya. Akibatnya terjadi gangguan layanan dan merusak reputasi UI sebagai universitas terkemuka. Begitupun semakin maraknya kasus penipuan dengan menggunakan identitas orang lain.

Kejadian-kejadian tersebut seharusnya membuat kita lebih berhati-hati. Banyak cara untuk menjamin keamanan data pribadi tidak bocor ke publik. Salah satunya dengan menggunakan layanan digital certificate issuance.

Tidak bisa dipungkiri, bukan hanya orang-orang dengan keahlian information technology (IT) yang mengambil keuntungan dengan perkembangan teknologi yang cepat ini tapi juga para hacker yang bisa mengeksploitasi kerentanan keamanan internet untuk berbuat jahat.

Apa Arti Digital Certificate Issuance


Digital certificate issuance sendiri adalah sebuah layanan untuk menerbitkan digital certificate yang berisi dokumen digital untuk menghubungkan kepemilikan kunci publik dengan entitas pemiliknya.

Digital certificate sendiri adalah sebuah file elektronik yang bekerja sebagai paspor online untuk mengenali identitas perusahaan atau individu dalam suatu jaringan. Digital certificate juga memiliki istilah lainnya yaitu public key certificate atau sertifikat kunci publik.

Selain itu, ada key lain yang berkaitan yaitu private key. Jika publik key digunakan untuk mengenkripsi data maka private key digunakan untuk mendeskripsikan data.

Jadi, enkripsi saja tidak cukup karena belum bisa memberikan bukti identitas pengirim informasi yang dienkripsi. Perlu penggabungan antara enkripsi dan digital certificate sehingga tersedia solusi keamanan yang lengkap.

Umumnya, digital certificate dapat dikeluarkan oleh pihak ketiga yang biasanya disebut Certification Authority (CA). Pihak ketiga inilah yang akan bertanggung jawab dan memiliki otoritas untuk mengkonfirmasi identitas pemilik digital certificate dan memberikan jaminan keamanan dengan layanan digital certificate issuance.

Fungsi Digital Certificate Issuance

certificate authority
Selain mengetahui arti dari digital certificate issuance, perlu juga memahami tentang fungsi dari digital certificate issuance itu sendiri.

Ada beberapa fungsi digital certificate issuance yaitu

1. Memberikan otentikasi


Keaslian suatu data akan terbukti dengan memiliki digital certificate. Ini akan mengurangi kekhawatiran pengguna internet dalam kerentanan keamanan data di dunia siber.

Verifikasi identitas pengguna adalah bagian penting dalam memberikan otentikasi. Peranannya sangat penting untuk mencegah penyalahgunaan data konsumen dalam transaksi digital. Verifikasi identitas umumnya menggunakan kartu tanda penduduk yang merupakan identitas resmi dari pemerintah.
 

2. Memberikan kepercayaan


Dewasa ini, kebutuhan orang dalam menggunakan internet semakin meningkat. Jumlahnya semakin banyak setiap harinya.

Adanya digital certificate akan membantu pengguna dalam menemukan orang lain, website, server yang tepercaya sehingga sesuai dengan siapa atau apa yang menjadi tuntutan mereka.

3. Memberikan rasa aman


Jaminan yang kuat dari pihak ketiga atau certification authority dalam memberikan perlindungan bagi transaksi atau pertukaran data dari gangguan hacker atau seseorang yang berniat jahat.

Salah satu cara dalam memberikan rasa aman adalah dengan verifikasi identitas pengguna secara tepat, mudah dan aman.

4. Memberikan kemudahan dalam membuat dan memberikan tanda-tangan digital

5. Memungkinkan pelacakan transaksi karena setiap aktivitas akan meninggalkan log


Tujuh Cara Mendapatkan Digital Certificate Secara Mudah


Ada banyak certification authority yang memiliki digital certificate issuance namun tetaplah cermat dalam memilih. Berikut 7 cara mendapatkan digital certificate yang mudah dan tepercaya, yaitu

1. Pahami Kebutuhan Personal/Bisnis Sebagai Pengguna


Sebelum membuat keputusan, pastikan untuk memahami kebutuhan apa yang ingin didapatkan ketika memiliki digital certificate issuance. Berbagai CA biasanya menawarkan layanan yang berbeda.

2. Sesuaikan Dengan Ketersediaan Sumber Daya


Selanjutnya adalah menyesuaikan ketersediaan sumber daya yang kita miliki, misalnya anggaran dan infrastruktur teknologi.
 

3. Terdaftar di KOMINFO


Pengelola Penyelenggara Sertifikat Elektronik yang resmi adalah Direktorat Tata Kelola Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai pelopor nasional.

Certification authority (CA) yang terdaftar dalam KOMINFO artinya dianggap sebagai pihak yang layak dipercaya, yang memberikan dan mengaudit sertifikat elektronik.


4. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan


Privy adalah penyedia layanan identitas digital tepercaya dan sudah terdaftar sebagai PSrE. Bahkan, Privy sudah tercatat di OJK sebagai Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital.

5. Kredibilitas Tepercaya


Salah satu cara dalam mengukur kredibilitas penyedia layanan digital issuance yang dipilih adalah sudah bekerja sama dengan banyak pihak.
 

6. Memberikan Kemudahan


Pengguna teknologi pasti ingin sesuatu yang mudah dan ringkas, maka pastikan layanan digital certificate issuance yang dipilih itu mudah.

7. Aman Dalam Penggunaan


Jaminan keamanan dalam menggunakan produk teknologi adalah hal yang paling urgent. Apalagi semakin banyak perusahaan yang beralih menggunakan teknologi dalam memverifikasi identitas konsumennya.

Privy, Penyedia Digital Certificate Issuance Tepercaya di Indonesia

privy digital certificate
Maka sebagai penyedia layanan digital certificate issuance tepercaya di Indonesia, privy yang dipimpin oleh Marshall Pribadi memenuhi 7 cara mendapatkan digital certificate yang mudah dan terpercaya. Salah satunya adalah kemudahan dalam verifikasi identitas pengguna.

Maksud dari kemudahan tersebut adalah prosesnya aman, verifikasi data biometrik aman serta hasil yang akurat untuk mencegah kejahatan di dunia digital.

Tak hanya itu, mengusung jargon Reliable Digital Trust, Privy juga memberikan layanan pendaftaran yang mudah. Prosesnya pun cepat dan efisien, yaitu

1. Verifikasi KTP dan Identitas


Privy menggunakan teknologi optical character recognition yang dapat mengekstrak teks dalam gambar dengan akurat. Maka cukup memfoto kartu tanda penduduk lalu tunggu hasilnya.

2. Pengenalan Wajah Dengan Detective Liveness


Privy menggunakan teknologi yang canggih untuk mendeteksi wajah secara liveness sehingga dapat mencegah penipuan online.

3. Penerbitan Sertifikat Elektronik


Data pengguna yang telah terverifikasi akan terhubung dengan database dukcapil untuk penerbitan sertifikat elektronik level 4, penyedia sertifikat elektronik yang berinduk di KOMINFO RI.

Selain itu, semuanya akan diintegrasikan langsung pada tanda tangan digital, sertifikat elektronik, dan e-meterai. Privy juga sudah terdaftar di otoritas jasa keuangan sebagai penyedia layanan digital certificate issuance yang tepercaya.

Jika ingin memastikan keamanan dan validitas identitas digital konsumen, solusi digital certificate issuance dari Privy adalah jawabannya.
Yusriah Ismail
A Lifestyle Blogger, Read Aloud Certified and Parenthing Enthusiast

Related Posts

17 komentar

  1. Di era digital, sudah saatnya kita beralih ke pengamanan digital ya. Untung ada Privy jadi semuanya serba digital, mudah, dan cepat, aman pula.

    BalasHapus
  2. Baru tahu nih ada Identitas Digital, salah satu fitur di Privy.Id. Kapan itu kan ada materai digital. Memudahkan banget kalau gini. Apalagi berlaku untuk pembuatan SIM yah...

    BalasHapus
  3. Pastinya begitu, ada jaminan memberikan rasa aman ini diperlukan untuk pengguna, sehingga bisa lebih nyaman dan makin terpercaya menggunakan layanan digital certificate

    BalasHapus
  4. Di era digital saat ini, di mana banyak aktivitas dilakukan secara online, sertifikat digital menjadi semakin penting. Sertifikat digital memastikan bahwa kita adalah orang yang melakukan klaim saat melakukan transaksi online, seperti e-banking atau tanda tangan elektronik. Ini memudahkan dan sangat aman

    BalasHapus
  5. sekarang bikin sertifikat digital jadi lebih mudah dengan adanya Privy. prosedur pembuatannya pun juga mudah

    BalasHapus
  6. Makin penasaran dengan sertifikat elektronik ini. Tapi kalau tidak ada kepentingan tidak kepakai juga ya. Sepertinya sertifikat elektronik ini sangat berguna bagi yang sering tanda tangan

    BalasHapus
  7. Tidak perlu takut dan ragu lagi menggunakan Privy, karena ia terdaftar di Kominfo dan OJK.

    BalasHapus
  8. Dgn adanya digital certificate issuance ini, dokumen yg pernah kita kirim nggak akan pernah disalahgunakan ya kak. Kdg tuh kita waswas klo udh krm softcopy. Kan bs aja disimpan/diteruskan ke tempat lain. Kan bahaya tuh.

    Untung Privy udh antisipasi kejadian kyk gini. Jd bs terlacak kl dokumen kita sampe disalahgunakan.

    BalasHapus
  9. Wah bisa buat sertifikat elektronik juga yaak, dengan kredit skor yang sama juga dengan fisik. Keren sih ini, mau nyoba buat event Agustus nanti

    BalasHapus
  10. Udah lama pake Privy, penting banget buat digital signature di dokumen2 penting digital

    BalasHapus
  11. Digital certificate issuance di Privy prosesnya mudah dan aman, banyak keunggulannya, yang terpenting sih terdaftar OJK dan Kominfo.

    BalasHapus
  12. Sertifikat elektronik ini penting sekali untuk menjaga keamanan dari kejahatan digital. Terutama bagi yang sering bertransaksi secara digital.

    BalasHapus
  13. Untuk mendaftar Privy, ternyata mudah ya. Kalo udah punya privy ini, kita jadi lebih efisien untuk urusan dokumen. Apalagi privy, dijamin kerahasiaannya.

    BalasHapus
  14. Zaman semakin canggih yaa..
    Aku pikir tadinya Digital Certificate ini untuk dokumen apaa.. ternyata dokumen penting yang ada kaitannya dengan data diri. Keamanan terjamin dan dokumen pun bisa diterima ketika dilampirkan secara digital. Privy memang juara.

    BalasHapus
  15. Oalah, selain terdaftar di OJk ternyata juga terdaftar di Kominfo ya. Wah, makin bisa dipercaya berarti Privy ini. Yang pastinya aman.

    BalasHapus
  16. Aah iya ya, makin kesini, data-data pribadi banyak disalahgunakan oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab. Makanya nih kita butuh banget data2 digital kita terjaga keamanannya.

    BalasHapus
  17. Saya juga sudah lama menggunakan Privy untuk beberapa proses tanda tangan di bank. Sangat direkomendasikan untuk menjaga keamanan data-data yang kita miliki pastinya apalagi di era digital seperti ini

    BalasHapus

Posting Komentar